Selasa, November 07, 2006

Tony Bennet - Duets: An American Classic













Judul Album: Duets: An American Classic
Artis: Tony Bennet
Label: RPM/Columbia/Sony BMG
Tahun: 2006
Produser: Phil Ramone

Di usia ke 80,penyanyi yang telah melintasi 5 era mulai dari era 50-an hingga era milenium sekarang ini, masih tetap fresh and fit di industri. Kali ini Tony Bennet berkolaborasi dengan sederet penyanyi (pop) sohor di album bertajuk "Duets: An American Classic" seperti Paul McCartney, Elton John, James Taylor, Barbra Streisand, Juanez, George Michael, Dixie Chicks, Tim Graw dan banyak lagi.

Bernyanyi dengan sederet cameo sebetulnya bukan hal baru yang dilakukan Tony Bennett. Setidaknya, di tahun 2001 Tony Bennet pernah merilis album bertajuk "Playin' With My Friends: Bennet Sings The Blues". Di album yang mengetengahkan repertoar blues, Tony Bennet berduet dengan Ray Charles, BB King, Natlie Cole, Sheryl Crow, Diana Krall, K.D. Lang, Bonnie Raitt dan Stevie WonderPlayin' With My Friends: Bennet Sings The Blues (2001).

Seperti halnya album "Playin' With My Friends", album "Duets: An American Classic" juga digarap oleh produser Phil Ramone. Phil Ramone ini jua lah yang pernah menggarap album seperti ini pada tahun 1993 dan 1994 untuk album Franks Sinatra bertajuk "Duets" dan Duets 2" yang menyandingkan Sinatra dengan Anita Baker, Bono,Barbra Streisand, Charles Aznavour, Gloria Estefan, Aretha Franklin, Julio Iglesias, Liza Minneli, Luther Vandross, Carly Simon dan lainnya. Tony Bennet di album ini ditampilkan sesuai dengan jati diri musiknya selama ini, berbasis string orkestra atau big band yang elegan dan classy. Yang menyesuaikan diri dalam duet adalah para penyanyi cameo. Pengecualian mungkin pada lagu "Cold, Cold Heart" sebuah hit country karya Hank Williams yang dinyanyikan Bennet bersama penyanyi country Tim McGraw. Disini Tony Bennet malah mencair ke dalam nuansa country. Tapi yang menarik, duet di album ini menjadi lebih hidup karena direkam secara live dalam satu studio. Tony Bennet berdampingan langsung dengan mitra duetnya. Sangat interaktif memang. Dan mungkin disinilah sisi kejelian seorang Phil Ramone dalam menata album ini.

Alhasil, inilah album lintas generasi dan lintas genre yang patut disimak.

TRACK LIST

1.Lulaby Of Broadway
2.Smile
3.Put On A Happy Face
4.The Very Thought Of You
5.The Shadow Of Your Smile
6.Rags To Riches
7.The Good Life
8.Cold,Cold Heart
9.If I Rules The World
10.The Best Is Yet To Come
11.For Once In My Life
12.Are You Havin’ Any Fun ?
13.Because Of You
14.Just In Time
15.The Boulevard Of Broken Dreams
16.I Wanna Be Around
17.Sing,You Sinners
18.I Left My Heart In San Francisco
19.How Do You Keep The Music Playing

DENNY SAKRIE
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id

PS : Thanks to Sony BMG Entertainment Indonesia especially Kunto,Mumu and Ernest !

Tidak ada komentar: