Selasa, November 07, 2006

Lee Ritenour - Smoke ‘N' Mirrors













Judul Album: Smoke ‘N' Mirrors
Artis: Lee Ritenour
Label: Peak
Tahun: 2006
Produser: Lee Ritenour

Lee Ritenour memang lumayan produktif dalam merilis album. Rasanya baru kemarin kita menyimak album "Overtime" Lee Ritenour, eh.....kini muncul lagi album terbarunya "Smoke N' Mirror".

Ada ambisi yang tercerabut dari sosok Lee Ritenour jika menyimak album ini. Lee tampaknya ingin menjejalkan atmosfer World Music dalam kosakata musik yang lekat dalam dirinya selama ini: fusion. Tetap mengandalkan kepiawaiannya memainkan gitar elektrik dan akustik, Lee mengajak banyak pemusik tamu di album ini mulai dari jazz (Dave Grusin, PatriceRushen, Alex Acuna, John Pattituci, Sheila Escovedo, Vinnie Colaiuta, MelvinDavis, Oscar Seaton, Paulinho DaCosta), hingga pemusik bernuansa etnik ada Brazil (Danillo Caymmi, Daniel Jobim), India (Satnam Ramgortha), hingga Afrika (RichardBona, Zamajobe, Tlale Makhene).

Lee ibarat pelukis yang mengaduk-aduk sekian banyak warna menjadi spektrum yang integrated. Bayangkan, betapa telatennya Lee mematut dan memadankan begitu banyak kecenderungan bermusik mulai dari funk, samba, raga, soulful voices hingga jazz standar. Eksotisme inilah yang ingin dicapai Lee Ritenour di album ini. Jelas aura carnaval memang sesekali mencuat dari keseluruhan isi album. Pintarnya, Lee memilih strategi yang mungkin sudah klise tapi masih mempan, yaitu menampilkan karya-karya remake semisal lagu "Lovely Day" BillWithers, "Forget Me Not" nya Patrice Rushen yang kental nuansa R&B nya. Atau dengan cerdik Lee Ritenour mendaur ulang komposisi gitaris jazz Gabor Szabo di tahun 1966 "Spellbinder" atau komposisi trumpetis Freddy Hubbard "Povo"dari album "Sky Dive" ditahun 1972. Atmosfer straight-ahead jazz sangat terasa didua komposisi tadi.

Nah, disisi lainnya Lee mencoba menggali nuansa tropikal Afrika antara lain dengan meremake karya Dave Grusin "Southwest Passage" dari album "Migration" ditahun 1989. Juga pada komposisi bertajuk "Memeza" yang ditulis oleh Kamwendo/Konesha/Zamajobe dan dinyanyikan dengan atmosfer tribal oleh vokalis Zamajobe dari Afrika Selatan. Untuk gaya Brazilian, Ritenour menghadirkan vokalis Brazil semisal Daniel Jobim. Walaupun Brazillian Style bukanlah barang baru dalam lembaran diskografi LeeRitenour seperti yang telah kita ketahui album-album "In Rio"(1979), "Harlequin"(1984) atau "Festival" (1988). Simak juga permainan tabla yang impulsif dari Satnam Raghorta. Lee sendiri menulis sekitar 7 komposisi orisinal yang berkarakter "cross-over"yaitu "Smoke N'Mirrors", "Capetown", "Water Edge", "Township", StoneCool", "Motherland" maupun "41/2 Storms".

Alhasil, menyimak album ini kita seperti digiring untuk menapaki kantung-kantung musik yang pernah dimainkan Lee disepanjang karir musiknya sejakera 70-an hingga sekarang

TRACK LISTING

1.Smoke N' Mirrors
2.Capetown
3.Southwest Passage
4.Water Edge
5.Blue Days (Diaz Asuis)
6.Spellbinder
7.Memeza
8.Povo
9.Lovely Day
10.Townships
11.Forget Me Not
12.Stone Cool
13.Motherland
14.4 1/2 Storms

DENNY SAKRIE
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

Tidak ada komentar: