Selasa, November 07, 2006

Miles Davis - Cool & Collected













Judul Album: Cool & Collected
Artis: Miles Davis
Label: Legacy/SonyBMG
Tahun: 2006
Produser: Steven Berkowitz

Terkadang banyak penikmat jazz yang ingin menikmati karya-karya maestro Miles Davis melayangkan pertanyaan : "album-album Miles yang mana yang harus disimak terlebih dahulu ?". Ini mengingat begitu banyaknya album-album milik Miles Davis, dan begitu banyak genre yang pernah dijelajahi Miles Davis. Ada Be Bop, juga ada Cool Jazz, Jazz Rock Fusion hingga Hip-Hop Jazz.

Kompilasi "Cool & Collected" ini rasanya memang bisa menjadi refleksi dari luasnya samudera diskografi nya Miles Davis. Paling tidak lagu "So What" yang tercerabut dari salah satu album esensial Miles Davis di era Cool "Kind Of Blue" terdapat di album kompilasi ini dengan format kuintet: Miles Davis (trumpet), Bill Evans (piano), Julian "Cannonball" Aderley (Saxophone), John Coltrane (saxophone).

Juga ada "Summertime" nya Gershwin dari "Porgy & Bess" yang menandai era kolaborasi Miles Davis dan Gil Evans.

Hampir semua track yang ada di album "Cool & Collected" sudah sangat dikenal dan konotatif dengan movement musik dari Miles Davis yang meninggal dunia 15 tahun silam tepatnya 28 September 1991. Ada "Miles Stones" yang belakangan cukup akrab disini karena dibuat "lounge" oleh Indra Lesmana Reborn. Juga komposisi standart seperti "Round Midnight" hingga "Stella By Starlight". Uniknya,di album kompilasi yang menampilkan kacamata Miles pada sampul album justeru mengikutsertakan track yang kurang dikenal seperti "Geneerique" yang diambil dari music score film Prancis "Ascenseur Pour Echafaud" yang digarap sutradara Louis Malle.

Dan track yang menyelinap ke pop, ketika Miles me-remake hits 80-an seperti "Human Nature" (Michael jackson" maupun "Time After Time" (Cindy Lauper) dari album "You're Under Arrest" (1985), album Miles yang banyak menuai kritik tajam. Jika "Geneerique" bisa masuk di kompilasi, rasanya track dari album seperti "Tribute To Jack Johnson" yang banyak ditingkahi rhythm funk n'rock yang kuat harus pula ditampilkan di album kompilasi ini.
Namun, toh dengan menu seperti ini saja,kita sudah bisa meraba-raba seperti apa sih musikalitas dari Miles Davis ini.

TRACKLIST

1.So What
2.Summertime
3.Geneerique
4.Stella By Starlight
5.Fran-dance
6.Miles Stones
7.'Round Midnight
8.Bye-bye Backbird
9.Sevens Steps To Heaven
10.Time After Time
11.E.S.P.
12.Human Nature

DENNY SAKRIE
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

Tidak ada komentar: