Selasa, November 07, 2006

Christina Aguilera - Back To Basics














Judul Album : Back To Basics
Artis : Christina Aguilera
Label : RCA/Sony BMG
Tahun : 2006
Produser : Christina Aguilera

Ini adalah sebuah album ganda dari Christina Aguilera yang memberikan nilai tersendiri terhadap karir musik Christina setelah 2 album sebelumnya.Yang jelas di album ketiga, yang juga diproduserinya, memperlihatkan kematangan dari Aguilera dan juga mengesankan bahwa wanita sexy ini bukan hanya sekedar sensasi dari "dirty pop" seperti yang diperlihatkan Britney Spears. Strategi musik yang dipedrlihatkan Aguilera mau gak mau membuat kita membanding-bandingkannya dengan Madonna yang cerdas "mengelola" kreasi album-albumnya. Dan, terbukti Madonna bertahan lebih dari dua dasawarsa dalam industri musik pop. Aguleira pun memiliki potensi yang sama seperti Madonna. Aguilera sadar dengan yang namanya "kulminasi" yang ujung-ujungnya membuat seorang artis bisa terjerembab ke undakan terbawah dengan sangat cepat.

Album yang berisikan 23 track ini memang lebih difokuskan pada kekuatan lagu dan teknik bernyanyi. Musiknya sendiri merupakan perpaduan antara atmosfer musik era Perang Dunia II dalam hal ini swing/big band dan sentuhan sofistikasi atmosfer modern. Album ini justeru mengingatkan saya pada album soundtrack film "Dick Tracy" (1990 ) milik Madonna yang memilih musik era swing untuk atmosfer film bertema gangster. Hampir disetiap lagu yang dinyanyikan Aguleira di album ini menampilkan sampling entah berupa riff atau ritme dari beberapa lagu-lagu yang pernah muncul di era terdahulu semisal "The Thrill Is Gone" nya BB King hingga Steve Winwood. Namun dipadu dengan live band, hingga berkesan natural dan tidak kaku. Sampling yang dilakukan Kobie Brown ini memang tidak berkesan "maksa",sangat mulus malah.

Di satu sisi, Aguilera ingin kembali menapak jejak pendahulunya seperti Billie Holiday, Etta James, Ella Fitzgerald atau Aretha Franklin, tapi ia tetap mempertahankan "signature" bernyanyinya yang kuat anasir kekiniannya. Aguleira memang berbeda dengan penyanyi seperti Michael Bubble, atau Rene Olstead yang berusaha untuk menjadi "manusia masa lalu". Aguleira ingin berada ditengah-tengahnya. Meskipun tak sedikit yang bakal terperanjat melihat album cover-nya yang didisain seperti album cover yang lazim ditemui pada era 40an dan 50-an.

TRACK LIST

1.Intro (Back To Basics)
2.Make Me Wanna Pray
3.Back In The Day
4.Ain't No Other Man
5.Understand
6.Showdown Baby
7.Oh Mother
8.F.U.S.S
9.On Our Way
10.Without You
11.Still Dirty
12..Here To Stay
13.Thanks
14.Enter The Circus
15.Welcome
16.Candy Man
17.Nasty Naughty Boy
18.I Got Trouble
19.Hurt
20.Mercy On Me
21.Save Me From Myself
22.The Right Man
23.Back To Basic

PS :Many Thanks to Kunto & Mumu (Sony BMG), Adib Hidayat (Warner Music ), Aldo Sianturi (Universal Music), Kristanto Gunawan (Aquarius Musikindo) atas kiriman CD-CD nya.

DENNY SAKRIE
0818417357

Tidak ada komentar: