Jumat, November 10, 2006

Pat Metheny & Brad Mehldau - Metheny-Mehldau













Judul Album: Metheny - Mehldau
Artis: Pat Metheny & Brad Mehldau
Label: Nonesuch
Tahun: 2006

Ini adalah album kolaborasi lintas generasi. Gitaris Pat Metheny terpaut usia dengan pianis Brad Mehldau sekitar 16 tahun. Metheny adalah gitaris yang banyak disoroti karya-karyanya pada era 80-an. Sedang Brad Mehldau adalah pianis yang berkibar di tengah era 90-an. Kedua pemusik jazz ini, sama-sama memiliki latar musik rock yang lumayan kuat. Mehldau dalam beberapa album solonya malah banyak menginterpretasi ulang grup-grup pop seperti The Beatles hingga Radiohead. Alhasil ketika keduanya sepakat berkolaborasi, latar belakang musik rock itulah yang juga membingkai frame musiknya. Dan ketika menyimak isi album yang berdurasi sekitar satu jam lebih beberapa menit, maka kesan yang mencuat ke permukaan adalah mereka berdua sangat kolaboratif. Tak ada saling intimidasi. Melainkan ibarat sepasang kekasih yang tengah mabuk kepayang, keduanya saling "merangkul" dan "menggenggam" tangan.Suara piano terdengar sangat "chemistry" dengan bunyi bunyian gitar Metheny yang bermain dengan gitar akustik (salah satunya dengan gitar baritone), elektrik dan gitar synthesizers.

Patut diakui ada enerji tersendiri dari pencapaian bunyi piano yang dimainkan Mehldau dalam "berdialog" dengan gitar yang dimainkan Pat Metheny. Mehldau lebih bertenaga dengan improvisasi yang menyeruak dalam cengkraman bunyi gitar Metheny. Ini sudah pasti berbeda dengan pencapaian harmoni suara antara gitar Metheny dan permaianan synthesizers Lyle Mays dalam beberapa album Pat Metheny terdahulu. Baik Mays dan Mehldau memang memiliki nuansa yang berbeda-beda. Yang jelas album ini lebih cenderung mengetengahkan silang bunyi gitar dan piano yang berkesan "dialogis". Percakapan keduanya memang sangat menghargai spasi. Pendengar yang jelas bisa menikmati permainan kedua pemusik berbakat ini dengan tenang. Banyak ruang untuk bernafas, mungkin sangat berbeda jika kita menyimak album kolaborasi Pat Metheny di tengah era 80-an bersama Ornette Coleman "Song X" yang nyaris tak memberi ruang sedikitpun bagi pendengar untuk menghela nafas.

Album Metheny - Mehladau ini bisa disejajarkan dengan album kolaborasi Pat Metheny dengan bassist Charlie Haden di tahun 1997 "Beyond The Missoury Sky" (Short Stories). Ada 10 komposisi yang bisa disimak di album ini. 8 Diantaranya merupakan duet antara Metheny dan Mehldau. Selebihnya menampilkan band pengiringnya Mehldau yaitu Larry Grenadier (bassist) dan Jeff Ballard (drums) seperti komposisi bertajuk "Ring Of Life" yang menampilkan permainan gitar synthesizers-nya Pat Metheny. Unsur rock sangat mempengaruhi karakter komposisi yang ditulis Pat Metheny. Ada 7 komposisi yang ditulis oleh Pat Metheny, sisanya merupakan karya Brad Mehldau. Kalau ingin menyimak petikan gitar Pat Metheny dengan gitar akustik, maka simaklah komposisi seperti "Summer Day" maupun "Make Peace". Jangan lewatkan sebuah sajian yang indah dan imajinatif pada komposisi "Find Me In Your Dreams". Konon komposisi ini dipersembahkan Pat Metheny buat sang isteri tercinta. Pada lagu "Make Peace", terasa nuansa yang seiring dengan makna judul lagunya: damai dan sarat imajinasi. Ini tentunya bermuasal dari permainan gitar baritone-nya Pat Metheny. Dan perbedaan usia serta pengalaman bermusik pun menjadi lumer dan mencair. Metheny dan Mehldau "berdialog" seolah kawan sepantar. Lancar......!!!!

TRACK LIST

1.Underquited
2.Ahmid-6
3.Summer Day
4.Ring Of Life
5.Legend
6.Find Me In Your Dreams
7.Say The Brother's Name
8.Bachelors III
9.Annie's Bittersweet Cake
10.Make Peace.

DENNY SAKRIE
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

Tidak ada komentar: