Kamis, November 30, 2006

John Legend - Once Again













JUDUL ALBUM: ONCE AGAIN
ARTIS: JOHN LEGEND
LABEL: G.O.O.D/SONY BMG
TAHUN: 2006
PRODUSER: KANYE WEST/JOHN LEGEND

John Legend tak terbantahkan adalah masa depan dari R&B scene. Dengan cerdas Legend mengaduk-aduk berbagai sub-genre musik "kaum kulit hitam" seperti R&B dan soul dengan sentuhan dan kemasan yang sangat "urban".

Peraih Grammy Award ini pun mempunyai tim kerja yang kuat dan solid mulai dari Kanye West, Will.I.Am (Black Eyed Peas), Raphael Saadiq (Tony Toni Tone), Sa-Ra hingga Jack Splash (Plant Life). Meskipun memiliki mitra kerja yang lumayan banyak, di album ini John Legend justeru tidak menampilkan bintang tamu. John Legend betul-betul melakukan solo.

"Save Room" lagu yang membuka album ini masih bertemakan asmara. Tapi John jeli mengulik tema yang lebih personal misalnya pada lagu "Heaven" yang mengangkat kisah sepasang pria dan wanita dalam sebuah bingkai konflik.

Menariknya, John Legend mulai menguak tema-tema tertentu dalam deretan lagu-lagu yang terdapat di albumnya ini. Misalnya dalam lagu bertajuk "Stereo", John Legend bercerita tentang seorang penari video klip yang terlibat asamara dengan seorang pemusik. Tema menarik juga diungkap Legend dalam lagu "Maxine". Sebagai sosok yang kental dengan akar soul dan R&B nya, John Legend memang terkesan sangat ekspresif. Hampir di semua lagu di album ini bermuatan bunyi-bunyian piano akustik yang mau gak mau mengingatkan saya pada tipikal soundtrack film-film bertema komedi romantik.

Sepertinya John Legend paham denyut jantung pendengar yang tengah menyimak albumnya ini, dengan menata arransemen mulai dari mid-tempo hingga upbeat tempo.

Secara keseluruhan, jika menyimak album "Once Again" nya John Legend ini, kita seperti mendengarkan Stevie Wonder yang terlahir kembali atau bereinkarnasi.

TRACKLIST

1. SAVE ROOM
2. HEAVEN
3. STEREO
4. SHOW ME
5. EACH DAYS GET BETTER
6. P.D.A (WE JUST DON'T CARE)
7. SLOW DANCE
8. AGAIN
9. MAXINE
10. WHERE DID MY BABY GO
11. MAXINE'S INTERLUDE
12. ANOTHER AGAIN
13. COMING HOME

DENNY SAKRIE
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

Tidak ada komentar: