Selasa, November 07, 2006

George Duke - In A Mellow Tone














Judul Album: In A Mellow Tone
Artis: George Duke
Label: BPM
Tahun: 2006
Produser: George Duke

Di era 70-an George Duke sempat bergabung dengan Frank Zappa dan bergelimang dengan ramuan musik serba eklektik, tiada batas. Duke juga artis solo yang produktif. Menjadi produser berbagai album pop, rock, R&B dan jazz. Pernah berkolaborasi dengan Stanley Clarke dan banyak proyek-proyek musik lainnya.

Di usianya yang terus bertambah, Duke masih belum pudar semangat bermusiknya. Nyaris tiap tahun George Duke merilis album baru. Dan tahun ini Duke baru saja merilis album bertajuk "In A Mellow Tone" yang diangkat dari ballad kesohor milik maestro Duke Ellington.

Menariknya di usia yang mematang ini Duke malah terlihat tidak terlalu ngotot, santai tapi soulful dan ekspresif. Misalnya, ia menginterpretasikan hitsnya bersama Stanley Clarke di tahun 1981 dengan penjiwaan yang tepat dan kita seolah kehilangan gravitasi saat menyimaknya.

Di album ini terlihat betapa George Duke ingin melakukan semacam pay a tribute untuk segenap pemusik-pemusik pendahulunya seperti George Gershwin, Duke Ellington hingga Rodgers and Hart. Untunglah Duke didukung dengan segenap pemusik andal seperti Airto Moreira (perkusi), Terry Lynn Carrington (drums), Brian Bromberg (bass akustik), Everette Harp (saxophone), Mike Miller (gitar), Dennis Farias (flugelhorn), Ray Fuller (gitar) dan Munygo Jackson (perkusi).

Intim, smooth, cool dan hangat itu aura yang mencuat jika kita menyimak 11 track di album ini yang berdurasi sekitar satu jam lebih sedikit. Simaklah "NeverWill I Marry" karya Frank Loesser yang pernah dimainkan Julian "Cannonball" Aderley di tahun 1990. George Duke memang sangat mengakrabi ballad tersebut. Maklum Duke memang pernah ikut tergabung dalam kelompoknya Cannonball Adderley. Cerdiknya Duke memang berhasil memilih repertoar yang melodinya kuat dan kaya, seperti jika kita menyimak pola melodi dari karya Lorenz Hart dan Richard Rogers "Spring Is Here" yang pernah dibawakan banyak artis jazz seperti Tony Ben net, Cannonball Aderley, Charlie Byrd, Nat King Cole,J une Christy atau John Coltrane. Di lagu ini anda pasti terkesima dengan sentuhan jemari Duke diatas bilah bilah tuts piano elektrik Fender Rhodes. Ketika membawakan karyanya sendiri seperti "So I'll Pretend" tiba-tiba Duke tampil minimalis secara trio. Jelajah akord pianonya luas. George Duke pun tetap tergelitik untuk menyajikan warna Brazillian lewat karya Sergio Mendes dan Alan Bergman dan Marylin Bergman "So Many Stars"(dari album Sergio Mendes & Brasil '66 "Look Around" di tahun 1968). Puncaknya adalah ketika George Duke menginterpretasikan " I Love You Porgy" karya musikal George & Ira Gershwin "Porgy & Bess".

Menyimak album ini laksana mendengarkan tutur pendekar di senja usia.Bijak dan meneduhkan.

TRACK LIST
1.In A Mellow Tone
2.For All We Know
3.Never Will I Marry
4.Spring Is Here
5.Sweet Baby
6.Down The Road
7.So Many Stars
8.So I'll Pretend
9.Quiet Fire
10.Just Because
11.I Love Porgy

DENNY SAKRIE
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

Tidak ada komentar: