Senin, November 13, 2006

Endah N' Rhesa - Nowhere To Go













Judul Album: Nowhere To Go
Artis: Endah n’ Rhesa
Label: REI Project
Tahun: 2006

Mendengarkan 7 lagu dari duo Endah n’ Rhesa di album "Nowhere to Go" ini seakan-akan kita dibawa ke suasana alam yang damai, di mana kuping kita tidak dipaksa untuk mendengarkan nada-nada rumit, melainkan dibuai oleh alunan duet gitar akustik dan bass. Kalau menurut saya pribadi, lagu-lagu yang bernuansa acoustic pop-folk-jazzy ini adalah merupakan proses pematangan berkarya dari Endah sendiri yang sudah kenyang untuk menjelajahi genre musik dengan gitar.

Album ini diawali oleh hentakan gitar akustik dari Endah yang membawakan lagu yang berjudul “Bad Lecturer”, ada sedikit sentuhan style dari Beautiful South pada lagu ini, terutama pada stroke nya Endah di gitar akustiknya. Lagu-lagu bernuansa acoustic pop jazzy sangat ketara di lagu-lagu “Blue Day”, “Uncle Jim” dan juga “Understand Me”

Lagu ketiga yang berjudul “When You Love Someone” adalah lagu jagoan dari duo Endah n’ Rhesa di mana lagu ini sempat menduduki 10 besar top download di IM:port. Lagu manis ini memang punya potensi untuk jadi hits, di mana lirik yang begitu puitis dan juga suara gitar akustik Endah ditingkahi dentuman bass gitar Rhesa yang sekaligus menjaga beat dari keseluruhan lagu membuat lagu ini menjadi sangat catchy dan nyaman untuk didengar.

Lagu keempat yang berjudul “Living With Pirates” mewakili nuansa folk-rock versi akustik minus drum, di mana basic lagunya sendiri adalah rock & roll, yang ditingkahi sentuhan pada akustik guitalele pada part solo yang dilakukan oleh Rhesa (selain memainkan electric bass, Rhesa ini juga memainkan guitalele).

Sangat menarik kalau melihat bagaimana duo ini menciptakan sebuah lagu yang didedikasikan untuk almarhum Munir dari Kontras yang tewas di perjalanan ke Belanda tempo hari. Judul lagunya adalah “Thousand Candles Lighted”, dengan ritme hentakan konstan bass nya Rhesa, lalu stroke gitar Endah yg ekspresif membuat lagu ini enak diikuti lirik maupun iramanya.

Selain itu perlu diketahui bahwa duo ini mendistribusikan cd album mereka ini secara indie dan juga melalui IM:port untuk digital full-track serta RBTnya

TRACKLIST

1. Bad Lecturer
2. Blue Day
3. When You Love Someone
4. Living With Pirates
5. Uncle Jim
6. Thousand Candles Lighted (Dedicated to Munir Kontras)
7. Understand Me

by abang edwin sa

Tidak ada komentar: