Selasa, November 07, 2006

John Mayer - Continuum














Judul Album: Continuum
Artis: John Mayer
Label: Sony BMG
Tahun: 2006
Produser: John Mayer & Steve Jordan


Eric Clapton,Michael McDonald atau Steve Winwood kini punya "pesaing" baru yaitu : John Mayer. Tak berlebihan bila John Mayer berpredikat "blue eyed soul", terutama setelah menyimak album terbarunya "Continuum".

Album yang diproduseri John Mayer dan Steve Jordan ini merupakan "bentukan" dari eksperimentasi John Mayer pada album sebelumnya yang digarap dalam bentuk "live album" bertajuk "Try ! John Mayer Trio Live In Concert" (2005). Kesan utama setelah mendengar kiprah Mayer di album ini, bahwa Mayer telah mencapai undakan kematangan.

Bahwa John Mayer, mampu memberi "signature" baru dengan menyusupkan anasir blues dan soul dalam komposisi lagu-lagunya. Pengaruh-pengaruh dari pendahulunya yang berkulit hitam seperti Jimi Hendrix yang membaurkan "blues-rock" maupun Curtis Mayfield dengan koridor soul dan gospel sangat terasa dikeseluruhan isi album ini. Namun yang menarik John Mayer menampilkannya masih dengan semangat pop alias tidak terlalu kental atau kelothokan. Misalnya, bagaimana Mayer me-remake "Bold As Love" nya Jimi Hendrix dengan format "fifty-fifty" artinya lagu ini berada antara citra Jimi Hendrix dan John Mayer. Saya yakin kuping-kuping yang terbiasa dengan ramuan "easy listening" mampu menyimak lagu karya Jimi Hendrix dari album "Axis: Bold As Love" (1967).

Dan dengan dukungan berderet pemusik andal : Steve Jordan, Pino Palladino, Roy Hargrove, Larry Goldings, Ricky Peterson dan Willy Meeks, John Mayer sudah menduduki "kursi" yang selama ini diduduki Eric Clapton. Simaklah permainan solo gitarnya yang bluesy dalam lagu "Vultures" maupun "Gravity", dua lagu yang sebelumnya sudah ditampilkan dalam album "Try".

Ada pengaruh Steely Dan ketika menyimak "Vultures" (amboi Mayer melakukan falsetto yang perfecto disini !). Pengaruh Curtis Mayfield dengan soul/gospelnya juga terlacak pada komposisi bertajuk "Slow Dancing In Burning Room" yang juga menampilkan horn section ala Memphis Sound.

Catatan lainnya, Mayer menaruh perhatian kuat pada pola penulisan lirik yang menyeruak ke wilayah kritik sosial.

"We're never gonna win the world
We're never gonna stop the war
We're never gonna beat this if belief
Is what we're fightin' for "

Album ini adalah contoh terbaik untuk kematangan John Mayer dalam karir musiknya.

TRACK LIST

1.Waiting On The World to Change
2.I Don't Trust Myself (With Loving You)
3.Belief
4.Gravity
5.The Heart of Life
6.Vultures
7.Stop This Train
8.Slow Dancing In Burning Room
9.Bold As Love
10.Dreaming With Broken Heart
11.In Repair
12.I'm Gonna Find Another You

DENNY SAKRIE
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wow...john mayer...pria ini yg nyaris membuat saya homo.ak begitu menyukaiN...bluesN sering membuatku terasa terbunuh...