Selasa, November 07, 2006

Al Di Meola - Consequence Of Chaos













Judul Album: Consequence Of Chaos
Artis: Al Di Meola
Label: Telarc
Tahun: 2006
Produser: AL di Meola

Belakangan ini banyak sekali pemusik baik pop, rock maupun jazz yang mencoba kembali ke khittah. Kembali ke musik yang melambungkan popularitas merekadi era kejayaan.

Satu diantaranya adalah gitaris fusion Al Di Meola yang menggagas memainkan musik yang pernah ia torehkan ketika bergabung dalam grup jazz rock nya Chick Corea "Return To Forever" di era 70-an maupun era solo Al Di Meola di dasawarsa 70-an hingga 80-an. Al Di Meola yang tipikal Latin fret-shred ini seolah bernapak-tilas. Simaklah "Tempest" yang berdurasi sekitar 9 menitan itu dengan sinkopasi ritmik nan menantang. Ini mengingatkan kita pada era Return To Forever ataupun era album solonya "Land Of Midnight Sun".

Jika anda penyuka prog-rock maupun fusion, maka selain "Tempest" dipastikan anda akan ikut dalam sebuah perjalanan musik yang sangat complicated seperti "Africana Suite" maupun "Hypnose". Tapi simak pula intimacy antara Di Meola dan Chick Corea yang ber interplay dalam lagu "Cry For You". Komposisi ini memang seolah dialog antara gitar dan piano yang menawan. Juga dengan tema mellow yang menawan adalah "San Marco(Vecchio)" yang menutup materi album Al Di Meola ini. Chick Corea (keyboards) yang didukung Steve Gadd (drums) lalu tampil bersama Al Di Meola dan John Pattitucci(bass) dalam "Red Moon" ........tiba-tiba saya merasa seperti menyimak reuni Return To Forever. Al Di Meola dengan semangat world music yang kuat juga menjelajah ke wilayahTimur dengan komposisi bertajuk "Tao" dan "Black Pearls".

Album ini membuktikan bahwa Al Di Meola masih berada diundakan puncak ketika mencoba napak tilas pada saat paruh era 70-an ia direkrut Return To Forever menggantikan gitaris Bill Connors. Saat itu Di Meola masih mengenyam pendidikan di Berklee College of Music di Boston.

TRACK LIST
1.San Marco (Moderna)
2.Turquoise
3.Odysey
4.Tao
5.Azucar
6.Sanctuary
7.Hypnose
8.Red Moon
9.Cry For You
10.Just Three Words
11.Tempest
12.Storm Off-Shore
13.Black Pearls
14.Africana Suite
15.San Marco (Vecchio)

DENNY SAKRIE
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

Tidak ada komentar: