Kamis, November 30, 2006

JJ Cale & Eric Clapton - The Road To Escondido













JUDUL ALBUM: THE ROAD TO ESCONDIDO
ARTIS: JJ CALE & ERIC CLAPTON
LABEL: REPRISE/WARNER MUSIC
TAHUN: 2006
PRODUSER: SIMON CLIMIE

Begitu populernya lagu "Cocaine" di tangan Eric Clapton yang menyanyikannya dalam album "Slowhand" (1978) sehingga tak sedikit yang menyangka bahwa lagu itu adalah karya Eric Clapton. Sebetulnya, lagu tersebut adalah karya JJ Cale, salah satu pemusik yang menurut Eric Clapton banyak mempengaruhi gaya bermusiknya terutama "blues-rock". Selain itu, pada tahun 1970 Eric Clapton pernah pula menyanyikan lagu JJ Cale bertajuk "After Midnight".
Karakter seperti "Cocaine" dan "After Midnight" lah yang tampaknya menjadi cetak biru musik Eric Clapton setelah melepaskan diri dari supergrup Cream di akhir era 60-an. Bahkan jika anda mengamati secara seksama, ada persamaan dalam warna vokal JJ Cale dan Eric Clapton.
Dan 36 tahun berselang, setelah Clapton mengcover "After Midnight" di tahun 1970, keduanya yakni Cale dan Clapton dipertemukan dalam album bertajuk "Road To Escondido".
Di album ini Clapton yang sejak era 80-an mulai merambah ranah pop kembali ke roots blues rock. Beberapa waktu sebelumnya Clapton juga pernah membuat album dengan blues-oriented seperti "From The Craddle" (1994) dan "Me and Mr Johnson" (2004).

Tapi yang perlu dipertegas album "Road To Escondido" ini sebetulnya bukan proyek solo Eric Clapton. Bisa jadi ini merupakan "kolaborasi" antara Clapton dan Cale. Namun jika menyimak lebih jauh, terutama dominasi JJ Cale di album ini (Cale menulis 11 lagu dari 14 lagu yang tertera di album ini), maka tak syak lagi album ini milik Cale dengan kontribusi dari Eric Clapton.

Eric sendiri awalnya ingin membuat album blues-rock dengan melibatkan JJ Cale sebagai produser, tapi semuanya lalu berubah dengan gagasan memunculkan konsep "duetting" dan Clapton lalu mengajak Simon Climie dari duo Climie Fisher untuk menggarap album ini sebagai produser. Simon Climie pernah menggarap beberapa album solo milik Eric Clapton bertajuk "Pilgrim" (1998). Tapi uniknya,jika menyimak album ini justeru terasa adanya "chemistry" yang lekat antara Cale dan Clapton. Mereka berdua menyatu dalam satu karakter yang nyaris sama. Bisakah anda membedakan perangai vokal Cale dan Clapton ?. Nah,ini karena Clapton sangat banyak terpengaruh JJ Cale. Lagi pula Simon Climie membiarkan aura album ini terkesan natural tanpa bumbu sintesis seperti yang muncul pada album album pop-oriented nya Clapton.

Jika ingin menyelami nuansa era 70-an dengan dominasi blues rock,maka album "Road To Escondido" ini semestinya patut disimak.

TRACKLIST

1. DANGER
2. HEADS IN GEORGIA
3. MISSING PERSONS
4. WHEN THIS WAR IS OVER
5. SPORTIN' LIFE BLUES
6. DEAD END ROAD
7. IT'S EASY
8. HARD TO THRILL
9. ANYWAY THE WIND BLOWS
10. THREE LITTLE GIRLS
11. DON'T CRY SISTERS
12. LAST WILL AND TESTAMENT
13. WHO AM I TELLING YOU ?
14. RIDE THE RIVER

Denny Sakrie
0818417357
http://musicalbox. jdfi.co.id/ n

Tidak ada komentar: