Selasa, November 07, 2006

George Benson & Al Jarreau - Givin' It Up













Judul Album: Givin' It Up
Artis: George Benson & Al Jarreau
Label: Concord
Tahun: 2006

Terlepas dari kesan sensasi yang mencuat dari proyek kolaborasi antara singing guitarist George Benson dan penyanyi Al Jarreau, album ini juga memperlihatkan betapa pentingnya harmoni dari sebuah duet dengan dua karakter yang sama-sama menonjol. Mungkin karena sosok mereka yang sudah mengantungi jam terbang tinggi, menjadikan duet ini tak sekedar "cari perhatian" saja.

George Benson, semula adalah gitaris yang kemudian menjajal kemampuan vokal. Sementara Al Jarreau adalah penyanyi yang sering menyusupkan "voicing" meniru bunyi-bunyi-an instrumen musik. Benson sendiri terkenal karena senantiasa melakukan "scat singing" secara simultan dengan solo gitarnya. Prinsipnya kedua jazzer ini memang sudah terbiasa dengan melakukan "scat-singing" meskipun dengan karakter dan warna yang berbeda. Dari 13 lagu yang ada di album ini, 4 diantaranya adalah lagu baru yaitu "Givin' It Up For Love", "Let It Rain", "Don't Start No Sctuff" dan "All IAm". Selebihnya adalah hit lawas dari Al Jarreau dan George Benson serta lagu-lagu yang pernah dipopulerkan oleh artis/pemusik lain seperti "God BlessThe Child" karya Arthur Herzog Jr dan Billie Holiday yang dipopulerkan Billie Holiday di tahun 1933 hingga "Ordinary People" yang dipopulerkan oleh JohnLegend di era milenium ini.

Track pembuka memang seolah ring-a-bell, dengan dipilihnya "Breezin'" komposisi instrumental gitar Benson yang pernah meraih Grammy Award di paruh era 70-an. Lalu keduanyapun berduet dalam hitsnya Al Jarreau di tahun 1983 "Mornin''(ciptaan David Foster, Jay Graydon dan Al Jarreau). Di lagu yang cheerful ini, Benson menyelusupkan permainan gitarnya yang menawan. Lagu ini tampaknya memang dijadikan unggulan untuk album duet ini.

Album ini bisa disebut "fifty-fifty" antara mengejar pangsa pop (terutama penyimak smooth jazz) dengan yang sedikit idealis semisal ketika Jarreau dan Benson menginterpretasikan 2 komposisi dari album Miles Davis dalam bentuk jazz vocal yaitu "Four" dari album "Workin' (1957) Miles Davis Quintet dan "Long Come Tutu" karya Marcus Miller dari album "Tutu" (1986) Miles Davis. Interpretasi atas karya instrumental ke dalam vokal memang kepiawaiantersendiri dari Al Jarreau yang sebelumnya sukses memvokalkan karya instrumental Chick Corea "Spain" dengan lirik yang menawan atau ketika memasukkan lirik pada komposisi klasik "Blue Rondo Ala Turk".

Menurut saya, Al Jarreau adalah orang kedua setelah Jon Hendrick, yang sukses memberikan nyawa sebuah karya instrumental dalam balutan lirik yang sinkron. Lagu-lagu lawas lain yang dicover Benson-Jarreau di album ini dengan sentuhan yang bernas antara lain "Everytime You Go away" karya Daryl Hall yang dipopulerkan Hall & Oates hingga Paul Young. Juga karya folk-rock Seals & Croft"Summer Breeze" yang bergelimang harmoni menawan.

Cerdiknya, di album ini kita tak hanya menyimak duet Benson-Jarreau. Ada jugapenyanyi neo soul Jill Scott yang membawakan "God Bless The Child"nya BillieHoliday atau Patti Austin yang ditemani tiupan trumpet Chris Botti dalam "Let ItRain" sebuah komposisi anyar yang ditulis Barry Eastmond dan Al Jarreau. Ada pula lagu soul klasik Sam Cooke "Bring It On Home To Me" yang dihembuskan secara bluesy. Kematangan dua artis jazz ini didukung oleh line-up yang "mahal" mulai darikontribusi Herbie Hancock, Marcus Miller, Stanley Clarke hingga Patrice Rushen dan Vinnie Colaiuta.

TRACK LIST

1.Breezin'
2.Mornin'
3.Long Come Tutu
4.God Bless The Child
5.Summer Breeze
6.All I Am
7.Ordinary People
8.Let It Rain
9.Givin’ It Up For Love
10.Everytime You Go Away
11.Four
12.Don’t Start No Stuff
13.Bring It On Home To Me

DENNY SAKRIE
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ya, mungkin karena itu