Selasa, November 07, 2006

Janet Jackson - 20 Y.O.














Judul Album : 20 Y.O
Artis: Janet Jackson
Label: Virgin
Tahun: 2006
Produser: Janet Jackson, Jermaine Duprie, Jimmy Jam, Terry Lewis

Judul albumnya lumayan bikin penasaran,"20 Y.O." yang ternyata berarti 20 Years Old.Yang jelas ini bukan usia Janet Jackson yang telah memasuki usia 40 tahun.Tapi berarti 20 tahun perjalanan karir Janet Jackson di industri musik pop dunia.Namun kalau kita membolak-balik diskografi Janet Jackson hal itu juga nggak tepat.Karena Janet sendiri sebetulnya sebelum merilis album "Control" (1986) yang dipatok sebagai awal karirnya, telah merilis 2 album solo di A&M Record yaitu "Janet" (1982) dan "Dream Street" (1984).

Apakah karena kedua album tersebut gagal dipasaran,hingga membuat Janet memenggal perjalanan karir musiknya secara historik? Tapi sudahlah, yang jelas Janet Jackson tetap berupaya konsisten di album terbarunya ini. Dia masih merangkul orang-orang lama sebagai produsernya seperti Jermaine Duprie serta pasangan Jimmy Jam dan Terry Lewis. Musiknya pun tetap tak beranjak dari Urban Contempo R&B. Dan di album ini berseliweran banyak sampling hits yang disusupkan pada beberapa lagu. Ini adalah garapan dari Danny Zook.

Simaklah lagu "So Excited" yang menyusupkan sample hits dari Herbie Hancock "Rock It ! " (1984) dari era "breakdance".Atau lagu "Get It Out Me" yang menyelinapkan "Looking For The Perfect Beat" nya Afrika Bambaata. Tampaknya Janet Jackson seperti ingin menampilkan "highlight" perjalanan karirnya dalam format lagu-lagunya di album ini. Selain "urban R&B" yang kental, Janet pun masih tergelitik memainkan nafas rock (terutama dari riff gitar yang distorsif) seperti pada lagu "This Body" yang mengingatkan kita pada lagu "Black Cat" di album Rhythm Nation 1814 (1989) yang menampilkan gitaris rock Vernon Reid dari kelompok Living Colour. Dan jika anda ingin terbuai dengan corak ballada seperti "Let's Wait Awhile"."Again" atau "Comeback To Me",di album ini pun ada lagu sejenis itu yaitu "Take Care" dengan lirik yang romantis.

Makanya tak ada perubahan atau pergeseran yang berarti dari album-album Janet Jackson sebelumnya.

Dan Janet pun harus berupaya keras berdampingan dengan bintang-bintang R&B yang berderet panjang. Ada Beyonce, Alicia Keys, Christina Aguilera and many many more !

TRACK LIST

1.20 (intro)
2.So Excited
3.Show Me
4.Get It Out Me
5.Do It 2 Me
6.This Body
7.20,Pt 2 (Interlude)
8.With You
9.Call On Me
10.20,Pt 3 (Interlude)
11.Daybreak
12.Enjoy
13.20,pt 4 (interlude)
14.Take Care
15.Love 2 Love
16.20,pt 5 (outro)

DENNY SAKRIE
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

Tidak ada komentar: