Selasa, November 07, 2006

Regina Spektor - Begin To Hope













Judul Album : Begin To Hope
Artis : Regina Spektor
Label : Sire/Warner
Tahun : 2006

Mungkin banyak yang belum ngeh dengan sosok penyanyi/komposer berdarah Rusia Yahudi Regina Spektor yang lekat dengan genre anti-folk. Anti folk ? Ini adalah genre yang berseberangan dengan konsep folknya Guthrie atau Dylan.Tapi perbedaannya, anti-folk lebih raw dan powerful (meski cuman menenteng gitar akustik. Minimalis sih). Mungkin karena gerakan ini banyak terinspirasi musik punk yang lugas dan tanpa tedeng aling-aling.

Di era 80-an, ada Michele Schocked,Billy Bragg atau Roger Manning yang sering ditahbiskan sebagai penggagas. Saat itu yang sering jadi hantaman protes adalah Ronald Reagan sang koboi dan Margaret Thatcher si wanita besi. Genre ini berlanjut di era 90-an lewat kerongkongan Ani Di Franco .

Nah,kembali ke Regina Spektor adalah salah satu aktivis anti folk dari New York. Musiknya lumayan eklektik dan juga sangat personal. Tahun 2001 Regina merilis album debut bertajuk "11:11" Eleven Eleven" dengan label dan kocek pribadi a.k.a indie label dan berlanjut dengan "Soviet Kitsch" (2004), namun album ini lalu dirilis ulang lagi oleh Sire/Warner yang merilis debut Spektor di major label "Begin To Hope" (2006).

Berubahkah direksi musik Spektor setelah digamit major label ?. Tidak juga, cuma mungkin agak lebih ditata. Itu kesan yang mudah bagi yang menyimaknya.

Coba simak gaya bertutur yang menyikut wilayah metaphora Regina Spektor dalam lagunya "On The Radio" yang agak friendly

On the radio we heard November Rain
That solo's really long
But it's pretty song
We listened to it twice
'Coz the DJ was asleep
This is how it works
You're young until you're not
You love until you
don't
You try until you can't
You laugh until you cry
You cry until you
laugh
And ev'ry one must breathe
til their dying breath

Saya merasa album "Begin To Hope" malah mendekati ranah Adult Contemporary. Lebih matang dan "terkendali". Ini jelas tersirat jika menyimak "Better". Malah tradisi singer/songwriter yang mencuat di era 60-an-70-an seperti yang ditorehkan Carole King, Carly Simon atau Joni Mitchell terasa kuat membayangi lau "Field Below".

Dan tanpa terduga tiba-tiba Spektor menyusupkan sepotong melodi era jadul "Just One Look" yang dibawakan Doris Payne dan juga dipopulerkan The Hollies pada lagu "Hotel Song". Tapi idiom surealisme pun membingkai dalam beberapa track, misalnya "Lady" yang memadukan denting piano, hembusan saxophone dan suara mesin ketik.

Mau denger permaianan piano penuh impres? Simaklah "Apres Moi" atau "20 Years of Snow". Spektor memang arsitek musik yang pantas distabilo-boskan.

Dan menyimak album ini, Spektor seolah baru saja mengikuti terapi "angry management"

TRACK LIST
1.Fidelity
2.Better
3.Samson
4.On The Radio
5.Field Below
6.Hotel Song
7.Apres Moi
8.20 Years of Snow
9.That Time
10.Edit
11.Lady
12.Summer In The City

DENNY SAKRIE
0818417357

Tidak ada komentar: