Selasa, November 07, 2006

Rod Stewart - Still The Same...The Great Rock Classic Of Our Time













Judul Album: Still The Same...The Great Rock Classic Of Our Time
Artis: Rod Stewart
Label: J-Records
Tahun: 2006
Produser: Clive Davis

Clive Davis adalah produser tangguh yang menyimpan sejuta "gimmick" diindustri musik dunia terutama mengatrol kembali artis-artis "old skool" kepermukaan industri musik. Sudah banyak contohnya, mulai dari gimmick cameo pada serial album Santana atau serial American Song Book-nya Rod Stewart yang sudah mencapai jilid 4 itu.

Kini Clive Davis meminta Rod Stewart mengenakan celana jins dan knickers lagi, setelah sebelumnya Stewart terlihat menggunakan stelan tuxedo. Dari judul album ini, jelas sudah Rod Stewart ingin menyanyikan lagi sederet repertoir rock klasik. Dan untuk yang satu ini, musik rock, jelas Stewart adalah ahli yang telah "khatam". Maka Rod Stewart pun dengan trade-mark suara paraunya menyanyikan sebagian besar lagu-lagu rock yang di era-nya lebih tepat masuk kategori pop rock, softrock maupun country rock. Mengalunlah lagu-lagu rock era 70-an hingga 80-an seperti "Have You Ever Seen The Rain" (Creedence Clearwater Revival), "Fooled Around and Fell In Love"(Elvin Bishop), "I'll Stand By You" (The Pretenders), "Still The Same" (Bob Seger& Silver Bullet), "It's A Heartache" (Bonnie Tyler), "Day After Day"(Badfinger), "Missing You" (John Waite), "Father & Son" (Cat Steven), "The Best OfMy Love" (The Eagles), "If Not For You" (Bob Dylan), "Love Hurts"(Nazareth), "Everything I Own" (Bread) dan "Crazy Love"(Van Morrison).

Sayangnya, Stewart menginterpretasikan lagu-lagu di album ini lebih ringan, lebih poppish. Buktinya, mungkin banyak yang menduga Bonnie Tyler adalah penyanyi yang menjadi inspirasi Stewart, karena disini Stewart sama sekali tak mencuat aura rock-singer-nya. Padahal, di era 80-an Tyler sempat dijuluki "The Female Rod Stewart" dengan warna vokalnya yang raspy alias parau selaik Rod Stewart. Parahnya, lagi tak ada sesuatu yang baru dari sisi arransemen di sektor lagu-lagunya. Ini bertolak belakang ketika Stewart tampil dengan serial Great American Standar-nya.

Jadi ironisnya judul album ini "Still The Same" yang diambil dari hit Bob Seger & The Silver Bullet ini justeru menunjukkan arah atau isi album ini yang "sami mawon" dengan lagu-lagu orisinalnya. Letak kesalahannya mungkin karena Stewart sebetulnya memang rock singer sejati yang merasa kagok dan gamang ketika disodori setumpuk repertoir rock dinyanyikan ulang. Dan juga membingungkan pendengarnya, sebetulnya mau konsentrasi di lagu-lagu standar atau rock klasik?

TRACK LIST
1.Have You Ever Seen The Rain
2.Fooled Around and Fell In Love
3.I'll Stand By You
4.Still The Same
5.It's A Heartache
6.Day By Day
7.Missing You
8.Father & Son
9.The Best Of My Love
10.If Not For You
11.Love Hurts
12.Everything I Own
13.Crazy Love

DENNY SAKRIE
0818417357
kunjungi !!! http://musicalbox.jdfi.co.id/n

Tidak ada komentar: