Senin, Desember 04, 2006

Soft Machine - Floating World Live













JUDUL ALBUM: FLOATING WORLD LIVE
ARTIS: SOFT MACHINE
LABEL: MOONJUNE
TAHUN: 2006
PRODUSER: LEONARDO PAVKOVIC


Sabtu 2 Desember 2006 kemarin di Sultan Hotel saya bersua dengan Leonardo Pavkovic pemilik label Moonjune yang tengah berada di Jakarta. Labelnya Pavkovic ini mengarahkan segmentasi pendengarnya pada genre musik prog-rock dan jazz. Salah satu produk terbarunya adalah album dari grup prog-rock Inggeris Soft Machine bertajuk "Floating World Live". Ini sebetulnya adalah rekaman lama yang ditemukan kembali dan dirilis ulang. Album ini diambil dari pertunjukan Soft Machine dalam rangka "British Tour" di tahun 1975. Personilnya adalah Allan Holdsworth (gitar), Roy Babbington (bass), Karl Jenkins (oboe, piano, Rhodes, recorder, soprano saxophone), John Marshall (drums, perkusi), Mike Ratledge (organ, synthesizers, piano). Ini adalah Soft Machine di era jazz-rock lewat album "Bundles" dan "Softs".

Di album ini sosok Holdsowoth terasa lebih dominan dan menonjol. Dengan jelajah jari jemarinya dalam scaling yang cepat, jangkau interval yang lebar dan luas serta eksplorasi legato yang bikin merinding. Itu adalah karakteristik khas Holdsworth yang juga menguasai instrumen biola. Dan sudah pasti atmosferik Canterburry scene lumayan berceceran di beberapa track yang ada di album ini.

Simak lah komposisi yang ditulis Karl Jenkins "Bundles" yang menyediakan banyak ruang untuk Holdsworth berekspresi. Note by note yang dihasilkan Holdsworth kadang menyusupkan "surprising" - tak terduga. Sebuah cakrawala permainan gitar yang seolah tak memiliki tepi. Tekstur bunyi Holdsworth ini dilapis element sintesis dari permainan synthesizers- nya Mike Ratledge. Serta dukungan efek perkusi yang massive dari John Marshall.

Bagi penggemar jazz-rock album live ini pasti membuat semangat anda jadi berbinar-binar. Dan sudah pasti Soft Machine di era tengah 70-an ini merupakan fragmen tersendiri bagi grup yang telah malang melintang sejak akhir era 60-an. Fragmen tersendiri,karena di album ini gitar memegang tahta.

Saya menduga solo-solo album Holdsworth selalama ini bertolak dari cetak-biru yang ditorehnya saat bergabung dengan Soft Machine ini.

TRACKLIST

1. THE FLOATING WORLD
2. BUNDLES
3. LAND OF THE BAG SNAKE
4. EALING COMEDY
5. THE MAN WHO WAVED AT TRAINS
6. PEFF
7. NORTH POINT
8. HAZARD PROFILE (PART 1)
9. J.S.M
10. RIFF III
11. SONG OF AEULUS
12. ENDGAME
13. PENNY HITCH (CODA)

* Thanks to Mr Leonardo Pavkovic for the CD's

Denny Sakrie
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

Tidak ada komentar: