Kamis, Desember 14, 2006

Sarah McLachlan - Wintersong














JUDUL ALBUM: WINTERSONG
ARTIS: SARAH MCLACHLAN
LABEL: ARISTA/SONY BMG
TAHUN: 2006

Ingin menyimak suasana Natal dengan atmosferik yang agak berbeda. Maka pastikan menyimak album "Wintersong" milik penyanyi Sarah McLachlan. Bahkan album ini justeru ditampilkan dengan nuansa yang lebih gelap,nyaris melankolik dan lebih ke suasana bulan Desember yang bertaburan salju dimana-mana. Ini diperkuat oleh sentuhan orkestrasi yang ditata oleh Jeremy Lubbock. Bahkan pianis Diana Krall pun menyumbangkan permainan pianonya yang bening di beberapa lagu di album ini.

Selain menampilkan lagu-lagu standar menyambut Natal seperti : "Silent Night", "Have Yourself A Merry Little Christmas" atau "O Little Town Of Betlehem", Sarah malah mengadopsi sederet lagu-lagu pop bernuansa Natal seperti "Happy X'Mas (War Is Over)" milik John Lennon & Plastic Ono Band dengan lirik yang bertendensi ke situasi politik era 70-an yang menganjurkan perdamaian. Sebuah lagu yang rasanya masih relevan dengan kondisi dunia saat sekarang ini. Sarah pun memilih lagu milik Joni Mitchell "River" yang menempatkan Natal sebagai nuansa.Simak liriknya :

It's coming on Christmas,they' re cutting down trees
They're putting up reindeer
And singing songs of joy and peace
Oh I wish I had a river
I could skate away on
But it don't snow here........


McLachlan pun membawakan lagu "Songs For Winter Night" yang ditulis dan dinyanyikan penyanyi folk Kanada Gordon Lightfoot pada soundtrack album "Miracle On 34th Street" (1994).

Sarah pun tetap mempertahankan ekspresi bernyanyinya seperti biasanya : reflektif,lebih gelap dan dalam. Simaklah tiupan trumpet yang disumbat atau paduan suara kanak-kanak yang berkesan innocence dan angelic. Tata aransemen semacam inilah, yang membedakan album Sarah McLachlan dengan album-album Christmas lainnya yang menjamur di bulan Desember ini.

TRACK LIST

1. HAPPY X'MAS (WAR IS OVER)
2. WHAT CHILD IS THIS ? (GREENSLEEVES)
3. RIVER
4. WINTERSONG
5. I'LL BE HOME FOR CHRISTMAS
6. O LITTLE TOWN OF BETLEHEM
7. THE FIRST NOEL/MARY MARY
8. SILENT NIGHT
9. SONG FOR A WINTER NIGHT
10. HAVE YOURSELF A MERRY LITTLE CHRISTMAS
11. IN THE BLEAK MID-WINTER
12. CHRISTMAS TIME IS HERE

Denny Sakrie
0818417357
http://musicalbox. jdfi.co.id/ n

1 komentar:

Anonim mengatakan...

I love the album! Sekarang lagi dimainin di semua toko Starbucks, jadi mau ngga' mau, harus dengerin terus deh tiap hari. Suara McLachlan bener" turn around the classic "boring" christmas songs... Turning winter into a whole new season.