Senin, Desember 11, 2006

E.S.T. - Viaticum













JUDUL ALBUM : VIATICUM
ARTIS : E.S.T
LABEL : 215/ACT
TAHUN : 2005

Bukan.....bukan !!. Svensson, Stenson & Gustavsen bukan sebuah law-firm. Mereka bertiga adalah sebuah trio jazz dari Swedia. Tepatnya Esbjorn Svensson Trio yang menyingkat namanya menjadi E.S.T. Mereka telah merilis 9 album. Trio Nordic ini banyak dipengaruhi oleh pola permainan pianis Keith Jarrett. Mungkin karena Esjborn Svensonn memang sangat terobsesi dengan Keith Jarrett. Tapi sejauh menghasilkan 9 album, rasanya grup yang akan manggung di Jakarta pada januari 2007 ini akhirnya memiliki karakteristik tersendiri.

Bagi yang telah menyimak album terakhirnya bertajuk "Viaticum" rasanya setuju jika saya mendiskripsikan album ini semacam Jazz Meets Psychedelic atau Jazz Meets Rock. Atau lebih spesifik lagi Radiohead meet Keith Jarrett. Pilihan untuk melakukan "cross-over" yang dilakukan E.S.T bisa jadi merupakan solusi yang jitu. Terutama bagi penikmat musik yang ingin mendengarkan jazz dalam kategori "rookie" atau pemula. Dan bagi yang ingin menikmati keseluruhan diskografi E.S.T, maka saran saya simaklah dulu album "Viaticum" ini baru mundur ke 8 album E.S.T sebelumnya. Karena di album ini ada sedikit sentuhan funk yang berpadu dengan genangan vintage organ yang sering kita temui pada genre classic-rock. Simaklah komposisi bertajuk "The Tail Of Her Eye" dengan aksentuasi yang bernas dari drummer Magnum Ostorms. Energetik memang !. Sesekali ada atmosfer Brazil misalnya pada komposisi "The Well-Wisher". Atau simaklah " The Unstable Table and The Infamous Fable" yang sarat dengan birama yang "surprising".

Trio ini memang bermain dengan pendekatan pola trio yang purist tapi diimbuh dengan angle-angle yang tak terduga misalnya tiba-tiba mencuat sepoles anasir country atau euro-pop yang khas. Kompleksitas musik di album ke 9 E.S.T ini mungkin lebih merupakan upaya agar penikmatnya bisa mencerna sajian trio-jazz mereka. Makanya jangan lupa mencicipi "Tide Of Tripedation", "The Well-Wisher", "Eighty- Eight Days In My Veins" atau "Viaticum" yang menjadi tajuk album ini. Pada album "Viaticum" E.S.T terdiri atas Esbjorn Svensson dan Dan Berglund (double bass) dan Magnum Ostorms (drum) .

TRACK LIST

1.TIDE OF TRIPEDATION
2.EIGHTY-EIGHTS DAYS IN MY VEINS
3.THE WELL-WISHER
4.THE UNSTABLE TABLE & THE INFAMOUS FABLE
5.VIATICUM
6.IN THE TAIL OF HER EYE
7.LETTER FROM THE LEAVIATHAN
8.A PICTURE OF DORIS TRAVELLING WITH BORIS
9.WHAT THOUGH THE WAY MAY BE LONG

Thanks for Mr Chico Hindarto for the CD......!

Denny Sakrie
0818417357
http://musicalbox. jdfi.co.id/ n

Tidak ada komentar: