Senin, Desember 25, 2006

Sonic Youth - The Destroyed Room : B-Sides & Rarities















JUDUL ALBUM : THE DESTROYED ROOM : B-SIDES & RARITIES
ARTIS : SONIC YOUTH
LABEL : GEFFEN RECORDS
TAHUN : 2006

Kalau anda bukan penggemar Sonic Youth sebaiknya jangan memutar album ini. Kuping anda akan terteror dalam arti sesungguhnya. Tapi jika anda penggemar Sonic Youth, menyimak album ini, wajib hukumnya. Terutama untuk anda yang ingin menelaah lebih jauh proses penggarapan lagu-lagu dari grup "art-punk" asal New York ini. Karena 11 track yang ada di album ini merupakan B Sides dari beberapa cakram tunggal Sonic Youth dan yang masuk kategori "rarities". Jika sebelumnya beberapa track di album ini menjadi perbincangan karena sulit dicari plaat single-nya. Misalnya, "Razor Blade" yang merupakan sisi B dari lagu "Bull In The Heather" atau "Campfire" yang berasal dari "At Home With The Groovebox" serta beberapa track dari "Noho Furniture" sessions. Maka dahaga ini akan pupus jika menyimak album ini.

Album ini memang dipenuhi dengan aneka outtakes dari kurun waktu 1994 hingga 2004 dalam durasi sekitar 70 menitan. Sudah pasti atmosfer "jamming" lekat dalam sajian mereka track by track. Dalam liner notes nya tertulis "blurring the lines betweens compositions and improvisation". Jadi nggak heran jika album yang cenderung "cutting edge" ini dikuakkan oleh sebuah track instrumental berdurasi 10 menitan bertajuk "Fire Engine Dream" dan ditutup dengan sebuah epic berdurasi sekitar 26 menit "Diamond Sea". Dengan pelbagai anasir bunyi-bunyian yang ditaruh pada latar depan maupun latar belakang menjadikan beberapa komposisi di album ini seolah menjadi "music score". Simaklah "Loop-Cat" yang kental nuansa jammin'nya maupun "Campfire" impulsif.

Dari 11 track yang termaktub disini, hanya 3 track yang memiliki lirik/vokal, selebihnya sebuah perjalanan panjang dengan instrumental. Makanya, jika anda tidak memahami konsep Sonic Youth, menjauhlah. Sebaliknya jika anda die-hard fans, pasanglah kuping anda erat-erat di cd player anda.....nikmati petualangan bunyi yang menakjubkan dari Sonic Youth.....!


TRACKLIST

1. FIRE ENGINE DREAM
2. FAUXHEMIANS
3. RAZOR BLADE
4. BLINK
5. CAMPFIRE
6. LOOP CAT
7. KIM'S CHORDS
8. BEAUTIFUL PLATEAU
9. THREE PART SECTIONAL SEAT
10. QUEEN ANNE CHAIR
11. DIAMOND SEA


0818417357

Tidak ada komentar: