Jumat, Desember 08, 2006

John Lennon - The US vs John Lennon














JUDUL ALBUM : THE US VS JOHN LENNON
ARTIS : JOHN LENNON
LABEL : EMI
TAHUN : 2006
PRODUSER : DAVID LEAF

Jika menyimak isi album ini kita pun semakin mahfum bahwa John Lennon adalah aktivis sosial dengan sederet jargon-jargon perdamaian ini mau tak mau berada dalam lingkaran politik.

Sebetulnya 21 track yang ada di album ini merupakan soundtrack dari film dokumenter "The US Versus John Lennon" yang dibesut sutradara David Leaf dan John Schenfeld. Bahkan David Leaf pun berperan sebagai produser eksekutifnya. Lagu-lagu yang diambil dari album solo John Lennon bersama Plastic Ono Band maupun beberapa dari The Beatles memang memiliki benang merah dari adegan-adegan yang berkelebat di film dokumenter ini. Beberapa diantaranya memang diambil dari era dimana Lennon aktif melakukan protes mulai dari Bed Peace hingga rally untuk membebaskan John Sinclair. Satu-satunya lagu the Beatles yang ada di album ini adalah "The Ballad of John and Yoko". Beberapa masterpiece John Lennon pasca The Beatles bertebaran disini mulai dari "Imagine", "Give Peace A Chance" hingga "Instant Karma". Juga ada lagu Lennon yang menyindir Paul McCartney "How Do You Sleep" namun dibawakan dalam versi music score. Termasuk ballad yang berkonotasi "cinta" seperti "Love" maupun "Oh My Love". Serta single "Nobody Told Me" dari album "Milk and Honey" yang dirilis setelah John Lennon berpulang di tahun 1980.

Memang tak ada sesuatu yang baru jika menyimak album soundtrack "The US VS John Lennon". Namun dari susunan lagu-lagunya kita sudah bisa "membaca" bahwa album ini memang ingin menyorot sepak terjang John Lennon di luar dunia entertainmen, melainkan memasuki wilayah sosial politik.

TRACK LIST

1. POWER TO THE PEOPLE
2. NOBODY TOLD ME
3. WORKING CLASS HERO
4. I FOUND OUT
5. BED PEACE
6. THE BALLAD OF JOHN AND YOKO
7. GIVE PEACE A CHANCE
8. LOVE
9. ATTICA STATE
10. HAPPY X'MAS (WAR IS OVER)
11. I DON'T WANT TO BE A SOLDIER I DON"T WANT TO DIE
12. IMAGINE
13. HOW DO YOU SLEEP ?
14. NEW YORK CITY
15. JOHN SINCLAIR
16. SCARED
17. GOD
18. HERE WE GO AGAIN
19. GIMME SOME TRUTH
20. OH MY LOVE
21. INSTANT KARMA (WE ALL SHINE)

Denny Sakrie
0818417357
http://musicalbox.jdfi.co.id/n

1 komentar:

Ilham Pandu mengatakan...

Wah bagus nih artikelnya mass Sakrie, boleh minta nih mau kita pasang di beatlejogja.com. Tenang aja nanti kita cantumin linknya ko.Oke!