Jumat, Februari 15, 2008

The Bad Plus - Prog













JUDUL ALBUM : PROG
ARTIST : THE BAD PLUS
LABEL : HEADS UP
TAHUN : 2007
PRODUSER : TONY PLATT

Bahwa pada akhirnya musik adalah musik.Tak ada lagi pagar berupa genre.Bebas sekat.Bisa lompat sana lompat sini.Setidaknya itulah impresi yang mencuat tatkala menyimak sajian musik dari trio jazz bernama THE BAD PLUS yang pertamakali merilis album pada tahun 2003.

Ini merupakan albumnya yang keempat,dan album pertama setelah keluar dari Sony Music/Columbia setahun silam.

The Bad Plus yang terdiri atas Reid Anderson (bass),Ethan Iverson (piano) dan David King (Drum) kembali menyuguhkan sajian jazz yang menggelinjang. Visi kebebasan tetap merasuk disegenap repertoar albumnya ini.

Jika ingin membayangkan seperti apa musik yang dipentang The Bad Plus, maka mungkin gambarannya adalah sebuah kemempelaian antara atmosfer post-rock dan post-bop.

Dan mungkin sudah menjadi pakem atau tradisi dari trio ini,bahwa dalam setiap album yang mereka rilis senantiasa ada upaya mere-make repertoar yang telah terlanjur dikenal khalayak sejagad.

Pada album perdana “These Are The Vistas” (2003) The Bad Plus menggerayangi arransemen lagu dari era grunge “Smells Like Teen Spirit” nya Nirvana, lalu mengganti baju “Heart Of Glass” nya Blondie hingga lagu “Flim” nya Aphex Twin. Lalu di album ke 2 bertajuk “Give” (2004). The Bad Plus dengan cerdik tanpa harus memupus esensi lagu, mendandani lagu “Iron Man” nya Black Sabbath.

Kemudian pada album “Suspicious Activity” (2005),The Bad Plus menampilkan aura baru bagi “Chariots Of Fire” nya Vangelis yang kadung dikenal sebagai karya instrumental berbasis synthesizers.

Nah,di album terbarunya bertajuk “Prog”, The Bad Plus kembali menghadirkan surprising dengan merekonstruksi hits era synth-pop nya Tears For Fears di dasawarsa 80-an “Everybody’s Want Rules The World” dalam nuansa yang lebih rileks dan laid-back. Struktur melodi yang asli masih bisa kita telusuri. Tentunya berbeda misalnya dengan trio jazz lainnya Medeski Martin & Wood yang hanya mengambil secuplik melodi asli “Julia” (The Beatles) untuk kemudian dikembangkan secara tekstural yang mengakibatkan pendengar justeru terbingung-bingung menelisik melodi originalnya.

Anda pasti akan terkejut, jika menyimak lagu “Tom Sawyer”nya Rush juga dibawakan oleh trio jazz yang gemblung ini. Spirit lagu ini tetap memancar. Pembeda justeru pada doktrinasi instrumen piano. Dan sebuah interpretasi rada hiperbolik tertuang pada lagu milik David Bowie “Life On Mars”.

The Bad Plus pun tangkas berolah dinamika dalam lagu-lagu yang mereka tulis sendiri semisal “The World Is The Same” hingga “Giant” yang sangat extraordinary. Ditangan trio Bad Plus, jazz menjadi kian cerlang cemerlang dan kian progresif.

TRACKLIST

1. EVERYBODY WANTS TO RULES THE WORLD
2. PHYSICAL CITES
3. LIFE ON MARS
4. MINT
5. GIANT
6. THRIFSTORE JEWELRY
7. TOM SAWYER
8. THIS GUY’S IN LOVE WITH YOU
9. THE WORLD IS THE SAME
10. 1980 WORLD CHAMPION

DENNY SAKRIE
0818417357

Tidak ada komentar: