Rabu, Januari 17, 2007

Stereomantic - Stereomantic














JUDUL ALBUM: STEREOMANTIC
ARTIS: STEREOMANTIC
LABEL: AKSARA RECORDS
TAHUN: 2006
PRODUSER: STEREOMANTIC

Ini duo baru dengan basic music electronic dan warna vokal yang rada retro. Namanya Stereomantic yang konon merupakan gabungan dua kata "stereo" dan "romantic". Jika menyimak keseluruhan isi album memang nuansa romantik menyelubungi permukaan lagu yang beat-nya danceable.

Adalah Aroel mantan gitaris Planetbumi yang menangani departemen musiknya.Aroel yang bertanggung jawab pada tata aransemen musik yang berkiblat pada genre "electronic". Maria yang dahulu pernah beretro-ria dengan grup Klarinet memang daya pikat utama Stereomantic selain berperan sebagai penulis sebahagian besar lirik lagu di album ini.

Duo elektronik semacam ini memang mengingatkan kita pada era synth-pop atau new wave or wathever di era 80-an. Misalnya seperti Eurythmics, Pet Shop Boys, Erasure, Communards dan sederet panjang lainnya. Tetapi Stereomantic memang cerdik. Untuk tata musik mereka berkiblat ke "electronic scene" yang programmable tapi untuk melodi dan warna vokal justeru terseret ke atmosfer retro . Tak heran dalam beberapa lagu corak vokal Maria mengingatkan kita pada Cardigans atau malah bergeser jauh kebelakang menyimpul arransemen vokal ala Carpenters. Musiknya pun sangat cair dan easy listening.Dalam beberapa track mereka memilih beat bossanova yang santai. Makanya jangan salahkan pendengar jika anda yang mengendus bau St Ettiene, New Order bahkan Cardigans. Aroel sendiri terampil memilih dan meramu bunyi-bunyian sintesisnya.Sayang ada bunyi saxophone yang terasa gak wajar dan kaku di album ini.Bunyi hembusan saxophone itu sangat terasa sebagai bunyi sintesis.


TRACKLIST

1. INTRO
2. LET'S DISCO
3. TAKUT
4. HINGGA KU TIADA
5. I CAN'T MARRY YOU
6. TAK PERNAH ADA
7. LAGU MERINDU
8. BIARKAN KAMI BERSAMA
9. (JUST WANNA BE) THE NEXT RISING STAR
10. DUNIA MAYA
11. YOU

Denny Sakrie
0818417357

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Adalah Zennis dari Ballads Of The Cliche yg memainkan Saxophone untuk Stereomantic. Apakah hembusannya terasa kaku? Mungkin saja begitu karena guide nadanya kami buat dengan synthesizer dan baru kemudian dimainkan secara live. Terima Kasih atas masukannya. Sangat bermanfaat utk kedepannya. Makasih ya mas Denny... :P

Uky mengatakan...

kira - kira dari sebelas lagu di album stereomantic yang kamu rekomendasikan buat aku dengarkan yang mana ? Treamz . . .