Minggu, Oktober 28, 2012

The Orchestrion: One-Man-Orchestra Project

Mungkin Anda pernah mendengar istilah one-man-band yang artinya lebih kurang satu orang memainkan beberapa alat musik sekaligus untuk perform, namun pernahkah Anda mendengar istilah one-man-orchestra?

Berdasarkan pengalaman masa kecil bersama kakeknya, pemenang 19 kali Grammy Award 19, Pat Metheny membuat sebuah proyek yang dinamakan The Orchestrion Project, sebuah mini orkestra yang secara mekanikal dikontrol oleh jari-jarinya saat ia memainkan gitarnya (FYI, Pat Metheny adalah seorang gitaris).

Proyek inovasi ini membawa dimensi baru dalam hal bermain solo. Kolaborasi antara Pat sebagai gitaris utama dengan seluruh instrumen orkestra secara mekanikal (sendirian, tanpa musisi lain dan tanpa adanya unsur musik digital) menjadikan The Orchestrion Project ini salah satu pertunjukkan langka yang pernah disajikan.

Proyek musikal The Orchestrion Project ini juga dijadikan film layar lebar dengan menggamit sutradara pemenang Grammy dan Emmy Award, Pierre & François Lamoureux yang memilih tempat pembuatan keseluruhan film di bekas gereja St Elias Church di Greenpoint, Brooklyn pada November 2010. Filmnya sendiri sudah mulai ditayangkan pada tanggal 3 Oktober 2012.

Silahkan lihat video cuplikan dari penampilan Pat Metheny pada The Orchestrion Project beserta trailer panjangnya di bawah ini:



Tidak ada komentar: